Latar Belakang Munculnya Stratifikasi Sosial

 On Jumat, 08 November 2013  

Latar Belakang Munculnya Stratifikasi Sosial


Menurut Soejono Soekanto (1982), di dalam setiap masyarakat diamanapun selalu dan pasti mempunyai sesuatu yang dihargai. sesuatu yangdihargai dimasyarakat bisa berupa kekayaan, ilmu pengetahuan, status haji, status keturunan ataupun berdasarkan tingkat ekonomi. Pitirin Sorokin mengemukakan bahwa sistem pelapisan dalam masyarakat itu merupakan ciri yang tetap dan umum dalam setiap masyarakat yang hidup dengan teratur. Lebih lanjut Sorokin mengemukakan, stratifikasi sosial adalah pembedaan penduduk atau masyarakat kedalam kelas-kelas secara bertingkat (hierarkis). Perwujudanya adalah adanya kelas-kelas tinggi dan ada kelas-kelas rendah Selanjutnya disebutkan bahwa dasar dan inti dari laipsan-laipisan dalam masyarakat adalah adanya ketidakseimbangan dalam pemabagian hak dan kewajiban, kewajiban dan tanggung jawab nilai-nilai sosial dan pengaruhnya di antar anggota-anggota masyarakat. Terjadinya stratifikasi sosial atau sistempelapisan dalam masyarakat dapat dibedakan menjadi 2 yakni • Sistem pelapiasan yang terjadi dengan sendirinya atau tanpa sengaja • Sistem pelapisan yang terjadi denagn sengaja disusun untuk mencapai tujuan tertentu Lapisan-lapisan dalam masyarakat yang terjadi dengan sendirinya autidak disengaja misalnya lapisan yang didasarkan pada umur, jenis kelamin, kepandaian, sifat keaslian keanggotaan berdasarkan harta. Sedangkan sisitem lapisan dalam masyarakat yang sengaja disusun utuk mencapai tujuan tertentu biasanya berkaitan dengan pemabagian kekuasaan dan wewnang yang resmi dlam organisasi formal seperti pemerintahan, perusahaan, partai politik, angatan bersenjata dan sebagainya. Kekuasaan dan wewenang ini merupakan sesuatu unsur khususu dalam sistem pelapisan masyarakat yang mempunyai sifat lain daripada uang, tanah dan benada ekonomis lainnya, ilmu pengetahuan dan sebagainya. Hal ini disebabkan unag,tanah dan sejeninya dapat dibagi secara bebas dlam masyarkat tanpa merusak keutuhan masyarakat. Secara teoritis diakui manusia dapat dianggap sederajat, akan tetapi dalam kenyataan kehidupan dlaam kelompok-kelompok sosial tidak demikian halnya. dengan perbedaan masyarakat ke dalam lapisan-lapisan merupakan gejala universal serta merupakan bagian dari sistem sosial setiap masyarakat. Bentuk kongkret laipisan-laipisan dalam masyarakat trsesbuat bermacam-macam. namun pada prinsipnya bentuk-bentuk tersebut dapat diklasifikasikan kedalam tga macam bentuk pelapisan sosial yaitu:
1. Pelapisan yang didasarkan pada faktor ekonomis
2. Pelapisan yang didasarkan faktor pilitisi
3. Pelapisan yang didasarkan fakt jabatan-jabata tertentu dalam masyarakat


Latar Belakang Munculnya Stratifikasi Sosial
sumber :http://st305633.sitekno.com/article/64010/faktor-penyebab-munculnya-stratifikasi-sosial.html
Latar Belakang Munculnya Stratifikasi Sosial 4.5 5 Unknown Jumat, 08 November 2013 Latar Belakang Munculnya Stratifikasi Sosial Menurut Soejono Soekanto (1982), di dalam setiap masyarakat diamanapun selalu dan pasti me...


1 komentar:

  1. gold dominus - TITanium Stone Art
    gold dominus. TITanium Stone Art. Art. Ironwork. Ironwork. Gold dominus. Ironwork. ti 89 titanium calculator Ironwork. TITanium titanium easy flux 125 amp welder Stone titanium fishing pliers Art. Ironwork. Ironwork. Ironwork. Ironwork. titanium apple watch Ironwork. Ironwork. titanium cost Ironwork.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.