Kisah Virus Pertama: Dua Saudara yang Mengguncang Dunia

 On Rabu, 06 November 2013  

Kisah Virus Pertama: Dua Saudara yang Mengguncang Dunia

Gambar: http://www.techability.com.au
Gambar: http://www.techability.com.au

MIZANMAG.COM – Pada tahun 1986, mahasiswa dari University of Delaware mulai mempelajari sebuah gejala aneh pada komputer mereka: hilangnya memori sementara, kelesuan, dan tanda-tanda anehnya. Ini bukanlah hal biasa, karena komputer itu ternyata terkena virus pertama di dunia. Virus yang dikenal dengan nama Brain ini merusak memori, memperlambat perangkat keras, dan menyembunyikan pesan. Virus inilah yang menjadi cikal bakal peretas yang kini menjadi selebritas di dunia maya.

Siapakah pembuat virus itu? Dan apakah tujuan mereka sebenarnya?

Mereka adalah dua kakak beradik dari Pakistan bernama Basit dan Amjad Farooq Alvi, yang membuka sebuah toko komputer di Lahore, Pakistan. Ketika itu, Basit yang baru berusia 17 dan Amjad 24 tahun, menemukan bahwa perangkat lunak yang mereka ciptakan disalin dengan semena-mena oleh banyak orang, sehingga mereka berniat untuk membalas perbuatan itu. Jadilah mereka menciptakan “Brain” yang bertujuan untuk menakut-nakuti para pembajak. Namun, mereka sama sekali tidak berniat untuk membuat sesuatu hal yang berbahaya. Dalam sebuah wawancara di tahun 2011 oleh sebuah perusahaan anti-virus Finlandia bernama F-Secure, dua bersaudara ini menyebut virus mereka sebagai “virus bersahabat”, yang “tidak diciptakan untuk menghancurkan data”.

“Idenya adalah ketika program tersalin secara ilegal, maka virus akan bereaksi,” jelas Amjad dalam sebuah wawancara oleh stasiun televisi Pakistan beberapa tahun yang lalu. Alvi bersaudara juga memiliki metode jenius dalam melacak seberapa jauh virus mereka telah tersebar, yaitu melalui program “perlawanan” di dalam program, yang dapat melacak semua salinan yang dibuat dan kapan mereka dibuat.

Dua bersaudara ini menyatakan bahwa mereka tidak pernah menyangka bahwa Brain akan berkembang menjadi monster yang berada di luar kemampuan mereka. Namun artikel di majalah TIME pada tahun 1988 mengungkapkan kenyataan yang lebih rumit: Meskipun mereka begitu gelisah dengan pembajakan yang dilakukan terhadap perangkat lunak mereka, tapi mereka tetap membuat dan menjual perangkat lunak dari program-program mahal seperti Lotus 1-2-3. Inilah yang menyebabkan tindakan mereka menjadi terkesan main hakim sendiri.

Di Pakistan, perangkat lunak memang tidak dilindungi oleh hak cipta, sehingga meskipun kedua bersaudara ini melakukan pembajakan terhadap program lain, hal itu tidak tergolong sebagai pembajakan. Anehnya, kedua bersaudara ini tidak merasa keberatan jika program mereka digunakan oleh orang Pakistan, dan hanya memberikan versi yang terinfeksi virus kepada mahasiswa dari Amerika dan juga turis yang datang kesana. Jadi, ketika orang-orang Amerika ini kembali ke negara mereka, mereka turut membawa virus berbahaya yang akan menghancurkan komputer mereka dan menimbulkan kegemparan di seluruh dunia.

Pada waktu itu tidak ada tindakan legal yang diambil atas perbuatan kedua bersaudara ini, tapi respon media ketika itu sangatlah luar biasa. Basit dan Amjad mulai menjadi selebritis dan mendapatkan panggilan dari seluruh dunia. Kedua bersaudara ini, sama seperti yang lainnya, sangat terkejut karena percobaan kecil mereka ternyata telah menyebar ke seluruh dunia. Tidak seperti virus sekarang, yang menyebar dengan sangat cepat, Brain akan menginfeksi komputer dengan cara lama, yaitu melalui disket bervirus yang dibawa oleh manusia.

Walaupun demikian, bisnis komputer kedua bersaudara ini ternyata tidak terpengaruh, padahal nama mereka telah terkenal di seluruh dunia sebagai pembuat momok paling mengerikan di dunia komputer dan teknologi. Perusahaan mereka, Brain Net, kini menjadi perusahaan layanan internet terbesar di Pakistan.
Kisah Virus Pertama: Dua Saudara yang Mengguncang Dunia

sumber : http://mizanmag.com/teknologi/kisah-virus-pertama-dua-saudara-yang-mengguncang-dunia.html#.UnsYs9lgG1s
Kisah Virus Pertama: Dua Saudara yang Mengguncang Dunia 4.5 5 Unknown Rabu, 06 November 2013 Kisah Virus Pertama: Dua Saudara yang Mengguncang Dunia Gambar: http://www.techability.com.au MIZANMAG.COM – Pada tahun 1986, ma...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.